Tuesday 28 March 2017

Modifikasi Alat Pemotong Rumput menjadi Alat Pemotong Padi




Video di atas adalah video aktivitas memanen padi menggunakan alat atau mesin. Alat atau mesin yang digunakan untuk memotong padi adalah alat atau mesin hasil modifikasi.

Alat atau mesin apakah yang dimodifikasi ?

Alat atau mesin yang dimodifikasi adalah alat atau mesin pemotong rumput.

Bagaimana cara memodifikasi alat atau mesin tersebut. Ikuti cara-caranya sebagai berikut :

Bahan dan Alat yang harus disiapkan :

Pertama, siapkan alat atau mesin pemotong rumput. Cara mendapatkanya silahkan beli alat tersebut di toko-toko matrial terdekat.

Kedua, siapkan sebilah kayu yang kuat kira-kira sebesar gagang sapu ijuk.

Ketiga, siapkan tali pengikat yang kuat, alangkah baiknya tali dari karet ban motor.

Cara memodifikasi :
 
Pertama, yakinkan dulu bahwa mesin dalam keadaan aman yaitu dalam keadaan off atau mati. Jauhkan dari jangkau anak-anak bahkan dari jangkau orang lain.

Kedua, sebilah kayu yang kuat kira-kira sebesar gagang sapu ijuk diatur sedemikian rupa untuk penyangga padi. Adapun posisinya yaitu di bagian atas pisau pemotong.

Ketiga, ikat sebilah kayu tersebut sedemikian rupa menggunakan tali dari ban motor agar kuat.

Masa uji coba :

Silahkan bawa mesin dan alat hasil modifikasi tersebut ke depan rumah dimana terdapat rumput yang tinggi atau tumbuhan apa saja yang berbatang kecil seperti halnya padi. Namun perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikkut :

Lakukan identifikasi bahaya, seperti keberadaan orang lain di sekitar, kondisi mesin atau alat harus dalam keadaan aman dan siap digunakan.

Lakukan antisipasi bahaya, seperti menggunakan safety helmit atau pelindung kepada, gunakan sarung tangan yang tebal terbuat dari karet, gunakan sepatu pelidung yang terbuat dari kulit, gunakan baju anti gores.

Setelah yakin semua benar-benar aman dan nyaman, lakukan terlebih dahulu dengan menghidupkan mesin. Jika mesin dalam keadaan aman untuk digunakan, lakukan pemotongan percobaan pada rumput - rumput yang pendek. Kemudian lakukan percobaan pemotongan pada rumput yang tinggi atau semak-semak yang batang pohonnya kecil-kecil seperti halnya patang padi.

Jika pada masa percobaan di atas betul-betul aman dan nyaman, barulah dilakukan pada pekerjaan di sawah dan langsung praktekkan untuk memanen atau memotong padi.

Awas Bahaya....!
Jika terdengar suara yang aneh pada mesin, atau terasa tidak nyaman pada saat menggunakan mesin, segera matkan mesin dan hentikan aktivitas. Lakukan pengecekan ulang pada mesin hingga benar-benar aman. 

No comments:

Post a Comment