Sunday 22 January 2017

K-3 Kontruksi



UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA
(Safety First)




Tingkat kecelakaan Kerja
Tingkat kecelakaan dan kematian dari pekerja konstruksi lebih tinggi daripada rata-rata di semua industri lainnya.Tidak harus seperti ini. Dengan mengikuti akal sehat dan aturan beserta rekomendasi OSHA, Anda dapat meminimalkan bahaya di situs pekerjaan Anda sambil menjaga arus kas yang baik dan lingkungan kerja yang efisien.

Berikut ini daftar kutipan tahunan OSHA mengenai 10 bidang masalah yang paling sering terjadi:
·         Perancah
·         Prosedur tertulis mengenai pelindung dari kecelakaan jatuh
·         Pekerjaan Penggalian
·         Tangga
·         Perlindungan kepala
·         Sistem pelindung pada penggalian
·         Komunikasi Hazard
·         Kebutuhan pelatihan mengenai pelindung dari kecelakaan jatuh
·         Keselamatan umum dan kesehatan kontruksi
·         Pelindung dan desain pada kelistrikan dan pengkabelan
Semua ini mudah ditangani. Dengan mengikuti aturan yang benar maka tingkat kecelakaan tentu berkurang.

Scaffolding
Perancah harus kaku dan mampu menahan bobot hingga empat kali maksimum dimaksudkan berat beban bantalan yang disediakan oleh produsen. Mereka harus di tanah yang kokoh, tidak pada objek yang tidak stabil seperti blok beton. Mereka hanya harus dibangun atau dipindahkan oleh seseorang yang kompeten untuk melakukannya dan harus dilengkapi dengan penjaga rel, pertengahan rel, dan papan kaki.
Perancah telah diperiksa setiap hari dan setelah kejadian apapun. Perawatan harus dilakukan bahwa tidak ada bagian dari perancah yang menyentuh kabel listrik atau bersandar terhadap sumber panas. Setiap perancah yang rusak tidak boleh digunakan.

Pelindung Jatuh
Sebagian jatuh disebabkan oleh permukaan yang tidak stabil pekerjaan, kegagalan pada saat menggunakan alat pelindung diri, dan kesalahan manusia.
Penegasan penggunaan APD akan meminimalkan risiko jatuh. Selain itu, pagar yang tepat, sistem penangkapan jatuh dan jaring pengaman akan mencegah luka parah akibat terjatuh.

Tangga -Tangga
Pastikan semua orang menggunakan tangga yang tepat untuk pekerjaan. Sebelum digunakan tangga harus diperiksa dari kerusakan, kotoran, minyak, atau cat / stiker yang bisa menutupi cacatnya tangga. Saat menghitung beban di tangga, pastikan untuk menyertakan pengguna, bahan, dan alat-alat berat tersebut.
Jauhkan tangga logam dan komponen-komponennya dari kabel listrik. Hancurkan tangga yang rusak atau segera memberi tanda larangan penggunaan.
Seluruh pijakan tangga harus luas dan rata. Sebuah pegangan diperlukan jika lebih dari 3 anak tangga atau jika tangga naik lebih dari 30 inci. Semua tapak dan trotoar harus bebas dari benda-benda dan puing-puing.

Penggalian
Menegakkan aturan ini: Jangan Masukkan Trench tidak dilindungi.
Sistem pelindung parit harus diterapkan pada seluruh bagian parit dengan kedalaman 20 kaki atau lebih. Sedangkan parit dangkal membutuhkan penopang.
Sistem pelindung meliputi:
·         Dinding parit harus miring terbuka dari permukaan tanah ke sudut terdalam parit. Sudut kemiringan parit disesuaikan dengan jenis tanah.
·         Penopang parit mendukung.
·         Kotak parit.
Semua parit harus memiliki pintu keluar yang memadai tidak lebih dari 25 kaki dari area kerja. Parit harus diperiksa sebelum masuk. Parit harus diperiksa setelah kajadian yang dapat meningkatkan bahaya seperti hujan atau peledakan kerja. Tanah harus minimal 2 kaki dari tepi bagian atas parit.

Crane
Salah satu kecelakaan yang paling umum adalah pekerja disambar beban atas atau tersambar dalam radius ayunan lengan derek. Selain itu terjadi kontak lengan crane dengan kabel listrik atas.
Sebelum digunakan, semua kontrol derek harus diperiksa untuk operasi yang tepat. Semua kabel, tali, rantai, dan kait harus diperiksa dari kerusakan. Angkat sedikit beban untuk memeriksa keseimbangan dan sistem pengereman. Panjangkan semua outrigger secara penuh dan tidak memindahkan beban melampaui pekerja. Blok dari akses ke daerah bawah derek dan dalam radius ayunannya.

Forklift - penyebab 100 kematian setiap tahunnya, biasanya dari kecelakaan turn over
Di bawah usia 18 tahun tidak diperbolehkan mengoperasikan forklift. Menetapkan batas kecepatan lambat (kurang dari 5 mil per jam), terutama ketika memindahkan beban atau lalu lintas. Forklift tidak mengangkut beban dalam posisi naik penuh. Dan melarang balap atau kuda-play. Menegaskan bahwa ini adalah area kerja, bukan taman bermain.
Semua forklift harus diperiksa sebelum digunakan dan tidak ada modifikasi yang dilakukan kecuali persetujuan tertulis dari produsen diterima. Suara alarm harus terdengar lebih keras daripada semua suara lain. Dan tentu saja pengemudi harus selalu mengenakan sabuk pengaman.

Keselamatan kimia
Penyimpanan yang tidak tepat dan penggunaan bahan kimia dapat mengakibatkan kejadian yang mengerikan. Selain ledakan dan kebakaran, bahan kimia dapat menyebabkan luka bakar dan masalah pernapasan.
Semua personil harus menjalani pelatihan pada lembaran MSDS yang datang dengan setiap bahan kimia dan lembaran harus selalu tersedia untuk semua orang yang bekerja di daerah tersebut. Menyediakan alat yang benar untuk membersihkan dan rencana pengendalian tumpahan. Melatih orang untuk membersihkan ketika terjadi tumpahan dan melaksanakan penggunaan APD.

Hazard Komunikasi
Pertahanan terbaik Anda terhadap kecelakaan adalah pelatihan dan komunikasi dengan semua pekerja. peraturan keselamatan harus selalu ditegakkan termasuk penggunaan alat pelindung diri seperti helm, sepatu bot berujung baja, dan / atau persyaratan lain dari pekerjaan tertentu dan situs.
Biaya yang dibutukan terkait dengan kondisi kerja yang tidak aman akan lebih mahal dibandingkan biaya penyediaan alat pelindung diri, pelatihan, dan menggunakan semua mekanisme keamanan yang tersedia dan praktik.

“Kehidupan dan anggota tubuh lebih penting daripada beton dan baja”

No comments:

Post a Comment