Friday 25 August 2017

Netizen itu apa sih ?

Seorang Netizen itu seperti hal kita pada saat mengunggah, mengekspos informasi ke internet. seorang netizen berkomunikasi, mencari dan berbagi hiburan dan Informasi apapun, dan berbagai macam aktifitas lainnya seperti di dunia nyata. Kebebasan dunia maya memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menyampaikan dan berbagi karya dan ide-idenya.

Dunia maya atau yang umum disebut Internet ini memudahkan penggunanya berbagi informasi secara bebas. Informasi yang meraka miliki dapat dibagikan seperti melalui sosmed (sosial media), halaman webblog, penyedia layanan video, dan tempat berbagi informasi lainnya yang dapat digunakan oleh para penggunanya. Hal ini membuat para Netizen ingin memanfaatkan kebebasan dan keterbukaan yang ada di dunia maya atau internet.

Pengertian NETIZEN, menurut Internet

Dari gabungan kata Internet dan citizen (warga, penduduk), Netizenadalah pengguna Internet, atau juga disebut-sebut sebagai penghuni yang aktif terlibat di komunitas online di Internet. Aktiftas itu bisa bermacam-macam jenisnya, dari yang sekadar ngobrol dan seneng-seneng sampai aktivisme yang menuntut perubahan di dunia maya atau bahkan dunia maya

Pencetus istilah NETIZEN

Ketika internet sedang mulai naik daun di pertengahan 1990-an, penulis dan salah satu pelopor Internet Michael F. Haubenmengungkapkan idenya tentang para pengguna Internet di tulisannya, "The Net and Netiens: The Impact the Net Has on People's Lives". Di paragraf pertamanya:

“Selamat datang di abad ke-21. Anda adalah seorang Netizen (seorang penduduk Net) dan anda hadir sebagai warga di dunia ini, semua karena konektifitas global yang bisa diwujudkan oleh Net. Anda memandang semua orang sebagai warga senegara anda. Secara fisik mungkin anda sedang hidup di satu negara, tapi anda sedang berhubungan dengan sebagian besar dunia melalui jaringan komputer global. Secara virtual, anda hidup bersebelahan dengan setiap Netizen di seluruh dunia. Perpisahan secara geografis sekarang diganti dengan keberadaan di dunia virtual yang sama."

Karena tulisannyalah ia diberi julukan sebagai pelopor istilah netizen, yang pada akhirnya populer digunakan sampai saat ini.


Demikian tentang NETIZEN, semoga menambah pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment