PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMPUTER
SMA N 1 GENERASI BANGSA
TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017
TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017
A. LATAR BELAKANG
Saat ini dunia telah memasuki era informasi yang berkembang dan akan terus
berkembang. Informasi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang,
semua kalangan baik itu instansi pemerintah maupun swasta bahkan semua negara.
Karena salah satu indikator kemajuan sebuah negara adalah diukur dari
penguasaan mereka terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Teknologi informasi dan komunikasi yang dalam hal ini sering kita sebut
komputer akan terus berkembang dengan pesat. Sudah banyak kita lihat dan dengar
bahwa semua bidang sudah menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia.
Diberbagai bidang kehidupan baik, perdagangan, perkantoran, militer, pendidikan
dan lainnya rasanya tak ada yang tidak bersinggungan dengan teknologi komputer
bahkan dalam kehidupan rumah tangga kehadiran teknologi komputer sangat
diperlukan. Intinya bidang dan profesi apapun akan sangat membutuhkan bantuan komputer.
Sebagai salah satu sarana pendidikan, laboratorium
komputer mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan sebab
keberadaannya menjadi sarana vital bagi siswa untuk mengaplikasikan teori yang
mereka terima sehingga siswa akan lebih terampil dalam menguasai teknologi yang
akan mereka perlukan dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis dan
kompetiti
B. DASAR HUKUM
Untuk menyiapkan peserta didik mampu menguasai teknologi dan informasi
dibutuhkan sarana pendidikan yang memadai, karena sarana pendidikan merupakan
salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena sarana
pendidikan yang lengkap dan bermutu menyebabkan pembelajaran akan semakin baik
dan berkualitas. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap siswa yang pada
akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.
Dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2
mengemukakan bahwa: Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana pendidikan
yang meliputi lahan ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang
pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel
kerja tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi
dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang
teratur dan berkalanjutan.
B. DASAR HUKUM
1.
Undang-undang
nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan
Pemerintah nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan
Pendidikan Nasional tahun 2000-2004.
3.
Permendiknas
RI nomor 19 tahun 2007 tanggal 23 Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4.
Peraturan
Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2 tentang Standar Sarana
Prasarana
5.
Surat
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001
tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
C. TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Secara umum
penggunaan alat laboratorium Komputer berfungsi sebagai salah satu media yang
dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan penciptaan operasi yang efektif dalam
membimbing dan mendorong serta membantu peserta didik dalam penyelenggarakan
pendidikan yang lebih bermutu dan ketercapaian lulusan yang bermutu pula.
2.
Tujuan Khusus
a. Memberikan
layanan kepada siswa sehingga mampu menguasai teori sekaligus terampil
mengaplikasikan komputer.
b.
Membantu guru
untuk mengenalkan peralatan canggih serta cara mengoperasikannya.
c. Membantu
siswa untuk mampu mengaplikasikan teori yang diterima serta dapat
mengembangkan kreasi dan imajinnya.
d. Laboratorium
komputer diharapkan menjadi tempat atau sarana yang melayani dan memfasilitasi
para siswa dan guru untuk menggali literatur-literatur melalui jaringan
internet dan Digital Library yang telah dikembangkan di laboratorium
komputer. Dengan adanya Digital Library ini, laboratorium komputer ini
diharapkan bisa menjadi sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi
siswa dan guru melalui koleksi-koleksi digital yang ada, seperti buku
elektronik, jurnal elektronik, software pendidikan, video edukasi, audio, dan
lain sebagainya.
e. Dengan
menggunakan laboratorium komputer dapat memberi sumbangan bagi pendidikan
secara umum dengan cara memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan
yang sangat diperlukan yang berpusat pada situasi kehidupan nyata.
D. BENTUK PROGRAM
No.
|
Bentuk
Program
|
Target
|
Waktu
|
1
|
Penataan
Administrasi laboratorium komputer
|
Administrasi
laboratorium komputer tertata dengan baik
|
Setiap
hari kerja
|
2
|
Pendataan
/inventarisasi laboratorium komputer
|
Mengetahui
data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi
sekolah dan instansi yang berkepentingan
|
Juli 2012
|
3
|
Perawatan
Komputer
|
Semua
peralatan dapat berfungsi dengan baik
|
Setiap
hari kerja
|
4
|
Praktikum
|
Siswa dan
guru dapat mempraktekkan teori pelajaran di kelas sehingga meningkatkan
penguasaan dan keterampilan terhadap materi yang telah dipelajari
|
Sesuai
jadwal
|
5
|
Les
Komputer
|
Meningkatkan
kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi dan informasi
|
Sesuai
jadwal
|
6
|
Pengenalan
Internet bagi guru dan karyawan
|
Guru dan
karyawan mengenal teknologi internet sehingga diharapkan mampu mencari
informasi dan bahan pembelajaran dari internet
|
September
2012
|
7
|
Pelatihan
pembuatan email bagi guru dan karyawan
|
Setiap
guru dan karyawan mempunyai email dan mampu mengoperasikannya
|
November
2012
|
8
|
Pengelolaan
web sekolah
|
Guru,
karyawan, Siswa, dan wali murid dapat mengakses informasi kegiatan sekolah
dan lainnya
|
Menyesuaikan
|
9
|
Pelatihan
pemanfaatan media pembelajaran
|
Guru dapat
menggunakan media pembelajaran dengan baik
|
Menyesuaikan
|
E. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
1.
Kepala
Sekolah
a.
Melakukan
pengawasan
b.
Memberikan
pengarahan
2.
Kepala
Laboratorium
a.
Melakukan
koordinasi
b.
Memberikan
bimbingan dan pengarahan
c.
Melakukan
pengawasan terhadap laboran dan teknisi
d.
Melaporkan
kepada Kepala Sekolah
3.
Laboran
a.
Melakukan
pendataan inventaris barang
b.
Menata barang
inventaris menurut fungsinya
c.
Mengatur
jadwal penggunaan laboratorium Komputer
d.
Memberikan
laporan kondisi barang-barang inventaris
e.
Melakukan
pengawasan penggunaan barang inventaris
f.
Melaporkan
kejadian-kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan barang inventaris
g.
Mengerjakan
administrasi laboratorium
4.
Teknisi
a.
Melakukan
pengecekan kondisi barang secara rutin
b.
Melakukan
perbaikan pada barang inventaris yang masih dapat diperbaiki
F. SUMBER DANA
Dana yang digunakan dalam mengelola laboratorium komputer bersumber dari
dana komite sekolah dan BOS.
G. PENUTUP
Demikian program kerja kepala laboratorium komputer SMA N 1 Generasi Bangsa tahun pelajaran 2012-2013 ini disusun untuk dapat dilaksanakan dan dijadikan
acuan guna tercapainya mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Manyaran.
Manyaran,
27 Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMA N 1 Generasi Bangsa Kepala
Lab. Komputer,
................................................. ............................................
NIP. ....................................
NIP. ..................................
----------------------------------------------------------------------------------------------
Download selengkapnya :
Versi 01 Program Laboratorium Komputer klik di sini
Versi 02 program Laobratorium Komputer klik di sini
Download selengkapnya :
Versi 01 Program Laboratorium Komputer klik di sini
Versi 02 program Laobratorium Komputer klik di sini
No comments:
Post a Comment